5/10/2020

(Pembahasan) 5 Obyek Material Geografi


Mengawali pembahasan bahwa setiap ilmu mempunyai bidang kajianya masing-masing. Berbicara tentang geografi memmpunyai obyek kajian yang berbeda pula dengan ilmu lain. La wong semuaya dipelajari kok ya yang ada di bumi, atau gak bikin mumet ndase kui kalau kebanyakan cah !. Apa sih yang luas banget kajian geografinya? Memang obyek geografi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang pertama obyek material geografi dan yang kedua obyek formal geografi. 


Dalam pembahasan ini kita akan fokus nguplek-uplek tentang apa itu obyek material geografi. Obyek material ini sasaran studinya adalah fenomena-fenomena geosfer. Cakupan geosfer memang super luas tenan cah !. Kita sudah tahu ada fenomena alam dan fenomena sosial itu bisa didowngrade melalui macam-macam obyek material geografi ini. 

Materi ini di kelas X semester 1 bagian awal-awal pada pokok materi Pengetahuan Dasar Geografi. Kelas IPS Peminatan atau Kelas MIPA Lintas Minat sama tetep kena materi ini. Untuk memudahkan saja, kami sering membuat jembatan keledai LABHA (Litosfer, Atmosfer, Biosfer, Hidrosfer dan Antroposfer). Bagaimana gampang to ? laa wong Cuma lima aja, insyaallah dijamin ngena. Mari kita bedakan cah. 

1. Litosfer (Lapisan Batuan) 
adalah lapisan kerak bumi yang paling luar yang terdiri dari lapisan batuan dan tanah. Litosfer merupakan tempat hidup makhluk hidup yang berada di darat seperti hewan, tumbuhan, dan manusia. Jika dilihat dari penampang melintang lapisan kulit bumi dari luar sampai intinya terdapat enam lapisan yang berbeda, yaitu litosfer, astenosfer, transisi, lapisan bawah, inti besi cair, dan inti besi padat. 

2. Atmosfer (Lapisan Udara) 
lapisan gas (udara) yang menyelimuti permukaan bumi. Lapisan atmosfer terdiri atas troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Lapisan yang paling dekat dengan bumi adalah lapisan troposfer. Lapisan udara ini digunakan oleh manusia dan makhluk lainnya untuk beraktivitas. Proses kejadian cuaca dan iklim yang sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi berada di lapisan troposfer. 

3. Hidrosfer (Lapisan Air) 
Lapisan air ini meliputi perairan yang ada di darat dan yang berada di laut. Tubuh air disini terdiri dari lautan, danau, sungai, rawa, mataair dan sungai bawah tanah. 

4. Biosfer (Lapisan Mahluk Hidup: Hewan dan Tumbuhan) 
Merupakan gabungan ekosistem di planet bumi yang mencakup seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan sebagai satu kesatuan. Dalam objek studi geografi biosfer lebih menekankan pada lapisan kehidupan tumbuhan dan hewan (flora dan fauna), karena manusia dikaji sendiri dalam kajian antroposfer. 

5. Antroposfer (Lapisan Manusia) 
Yakni lapisan kehidupan manusia yang menekankan pada kajian manusia dan segala aktifitasnya di permukaan bumi dengan segala akal budinya dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya. Manusia merupakan faktor yang sangat penting karena sebagai makhluk yang dikaruniai akal pikiran, mereka bisa merencanakan, membentuk, dan menguah lingkungan, seperti mengubah kawasan pertanian menjadi kawasan permukiman, kawasan hutan menjadi kawasan pertanian. 

Terakhir, bagaimana terlihat gampang kan membedakan kelima obyek material itu. Sampeyan kalau sudah mengerti insyaallah wes cocok jadi avatar (semua elemen menguasai hahaha).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar